Selasa, 12 Juli 2016

Pertarungan 'Karaci' Ala Sumbawa Ini Siap Bikin Jantung Kamu Berdetak Lebih Kencang


samawaKita24.blogspot.co.id - Ada yang unik dengan yang satu ini. Karaci, inilah nama yang disematkan oleh masyarakat sumbawa untuk olahraga yang ekstrem ini. Pernahkah anda mendengar nama ini...??? Guys, ini sedikit berbahaya, saya tidak menyarankan kamu untuk mencoba ketika berada di Sumbawa. Cukup saksikan dan nikmati saja. Karena jika kamu sangat ingin mencoba maka di pastikan setelah itu muka kamu lebam.

Seperti apa sih petarungan ala Sumbawa ini?

Nah, Karaci ini dimainkan oleh dua orang jagoan. Dua orang ini akan saling baku hantam untuk memperebutkan predikat sang juara. Selain power yang kuat, ketangkasan juga diperlukan dalam pertarungan ini.

Dalam pertarungan in, para petarung menggunakan tongkat yang disebut sesambu dan empar (Perasai yang terbuat dari kulit kambing atau kerbau). Mereka akan saling balas lawas (pantunnya orang Sumbawa) yang disertai dengan gerakan Ngumang (gerakkan tari). Pertarungan akan dipimpin oleh seorang wasit yang memegang tongkat berukuran 3-4 meter. Peran wasit sangatlah vital, karena pertarungan ini sangat beresiko tinggi.

Seperti apa sih awal mula karaci?

Ini adalah permainan rakyat yang sudah ada sejak dulu. Aktivitas ini dijadikan sebahai hiburan rakyat Sumbawa. Berawal dari alun-alun istana kerajaan, pada akhirnya menjadi sebuah tradisi masyarakat Sumbawa.
Seni permainan yang sudah berlangsung ratusan tahun lalu. Aktivitas Karaci ini memiliki sifat keberanian, kejantanan, dan kekebalan. Ini bertujuan agar kamu lelaki Suku Samawa berani mempertahankan bumi Sumbawa dari orang yang ingin menghancurkannya.
Bermula dari alun-alun istana, karaci merupakan hiburan bagi para raja di Sumbawa. Keahlian saling pukul dan menahan pukulan lawan menjadi tontonan yang sangat menghibur. Inilah awal mula karaci tersebar di masyarakat Sumbawa – hingga akhirnya menjadi tradisi yang merakyat.

Seperti inilah pertarungan 'Karaci' masyarakt Sumbawa, apa kamu berniat mencobanya? tapi paling tidak ini menjadi hiburan bagi kamu kala meninginjakkan kaki disumbawa. Its really nice guys, lets come and enjoy it. (pioode)

                                 Vidoe Dokumentasi Karaci Sumbawa.




Penulis: Kharisma Wulan Dhini (wenk)


0 komentar:

Posting Komentar