Senin, 11 Juli 2016

Ritual 1 Muharram ini Bisa Bikin Kamu Makin Penasaran Dengan Sumbawa


samawaKita24.blogspot.id - Sumbawa, tak hanya sekedar namanya yang unik. Banyak hal yang bisa buat kamu kagum dengan tradisi daerah ini. Salah satunya adalah tradisi 1 Muharram. Pada bulan Muharram ini ada ritual yang sedikit terdengar aneh. Masyarakat menyebut agenda ini dengan kata 'Malala'. Melala ini adalah sebuah proses pembuatan Minyak Khas Sumbawa. Tak sembarangan orang bisa melakukan ini, biasanya mereka adalah para sandro (tabib). Hal ini dikarenakan harus menyiapkan beberapa hal sebagai syarat untuk dapat melala.
Proses pembuatan Minyak Sumbawa sangat sakral yaitu hanya ada di bulan Muharram (kalender Islam) saja, alasannya agar minyak tersebut memiliki khasiat yang paten dan jika pembuatan minyak Sumbawa di luar bulan tersebut bisa saja berhasil, namun menurut warga, keampuhannya masih diragukan. (liputan6.com)
Hingga saat ini posesi Melala masih bisa kita jumpai ketika bulan Muharram tiba. Nah, pada saat itu para tabib sudah mulai bersiap-siap untuk melakuka berbagai proses untuk agenda Melala ini.

Waaaah...Makin penasaran nih, seperti apa sih detilnya kegiatan Malala ini...???

Minyak Sumbawa ini dibuat untuk dijadikan obat. Pembuatannya diproses secara tradisional oleh para tabib tersebut.Ramuannyapun tergolong aneh, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum melalukan prosesi ini.
"Ramuannya terdiri dari 44 jenis kayu, karang dan tanduk serta kelapa" kata salah seorang sandro.
Kelapa yang digunakannya juga bukan sebarang kelapa. Harus diambil dari pohon yang memiliki buah berjumlah ganjil.


Bussseeeettt....!!! berarti buah kelapanya harus dihitung dulu nih sebelum diambil...!!!

Ya, Sandro tersebut tak akan mengambil buah kelapa dari pohon yang buahnya tidak berjumlah ganjil. Nah, setelah itu kelapa ini lalu diparut. Sebelum dimasak, parutan kelapa yang telah dicampur parutan kayu dan yang paling penting adalah membacakan do'a lebih dulu oleh sandro/ tabib.

Hanya sandro yang tau isi do'anya. Selanjutnya campuran kelapa ditambah madu dan lengkuas. Dimasak dalam sebuah kuali besar. Proses memasak ini juga membutuhkan waktu selam 6 jam dan dilakukan pada malam hari. Bagaimana, sesuatu yang unik kah...???


Lalu, seperti apa sih khasiat Minyak Sumbawa ini...???

Nah, mengenai khasiat tergantung dari niat pembuatannya. Misalnya minyak ini berkhasiat untuk memikat lawan jenisnya, untuk kesaktian, sebagai obat dan lainnya. Hal ini tergantung dari niat pembuatannya. Tata caranya sama dengan pembuatan minyak sumbawa yang biasa, hanya saja yang satu ini dilakukan pada bulan Muharram dan disertai dengan do'a-do'a khusus.

Pelaksana pembuatan ini dilakukan oleh dua bagian. Pertama, ada Guru dan yang kedua adalah muridnya. Nah, tugas sang murid adalah menyiapkan segala bahan yang diperlukan dan selanjutnya dilakukan oleh sang guru ato sandro tersebut.

Inilah proses Malala yang dilakukan oleh sebagian masyarakat Sumbawa. Ini tradisi yang sangat unik dan sakral. semoga artikel ini menambah pengetahuan anda tentang keunikan Sumbawa. (wenk)


Penulis: Kharisma Wulan Dhini (wenk)

0 komentar:

Posting Komentar