Minggu, 10 Juli 2016

Helaian Daun Lontar ini Siap Membawamu Mengenang Sumbawa Tempo Dulu

SamawaKita.blogspot.co.id - Sumbawa, Apa kamu pernah ke tempat ini? Atau juga kamu berlum pernah mendengarnya. Oke, apapun itu lets me tell you about Sumbawa...!!!
 "Sumbawa adalah salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat"
Adat dan budaya masih tersa kental didaerah ini. Banyak hal-hal unik yang mungkin akan menjadi pertanyaan di kepala kamu. Salah satu yang unik tersebut adalah Satera Jontal , merupakan peninggalan sejarah yang masih dapat kita temukan di sini. Hal ini membuktikan bahwa Sumbawa pernah punya peradaban dimasa lampau. Perkembangan dari jaman pra sejarah menghasilkan karya tulis tersendiri. Inilah tulisan yang digunakan tau Samawa pada masa lampau. Sebelum itu masyarakat saling berkomunikasi dengan menggunakan simbol-simbol tertentu.
"Satera jontal bukan sebuah sastra dari tulisan latin, melainkan bagaimana simbol tulisan itu sendiri disepakati dan dijadikan alat untuk berkomunikasi dalam bentuk tulisan"

Ini merupakan peninggalan yang tak ternilai harganya. Perwujudan satera jontal ini adalah lambang-lambang yang memiliki arti tersendiri. Tak banyak masyarakat Sumbawa yang hidup pada zaman modern ini memahami satera jontal, hanya kalangan tertentu saja. Cara penulisan satera jontal juga terbilang ekstrim, karena tidak ditulis dengan menggunakan tinta, akan tetapi mengunakan bara api untuk menggores permukaan lontar tersebut sehingga berbentuklah kalimat.

Nilai sejarah Sumbawa ini terkandung dalam helaian daun lontar, ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Sumbawa. Semoga Nilai Sastra dan Sejara pada daun lontar ini tetap terjaga dan terlestari sebagai bukti sejarah tentang peradaban Sumbawa. (wenk)


Penulis: Kharisma Wulan Dhini (wenk)

0 komentar:

Posting Komentar