Senin, 11 Juli 2016

Inilah sang 'Koboi dari Sumbawa' yang Selalu Menjadi Inspirasi Hidup


samawakita.blogspot.co.id - Sosok ini tak pernah lepas dari hati masyarakat Sumbawa. Dialah sang Inovator dan Motivator hidup. Inilah Laksamana Madya (TNI) H. L. Manambai Abdulkadir, salah satu putra terbaik Indonesia kelahiran Sumbawa.

Laksamana Madya TNI. H. L. Manambai Abdulkadir adalah pemegang record satu-satunya Perwira Tinggi Termuda. Mencapai pangkat Komodor Laut (Bintang Satu) pada usia 36 Tahun dan mencapai pangkat Laksamana     Madya (Bintang Tiga) pada usia 42 Tahun. Yang tidak pernah dicapai oleh Perwira Tinggi lainnya hingga saat ini.
Laksamana Madya TNI. H. L. Manambai Abdulkadir, Lahir di Sumbawa Besar 28 November 1928. Wafat di Jakarta 15 Februari 1995, dalam usia 66 tahun lebih 3 bulan, dan dikebumikan di TMP Kalibata Jakarta pada 16 Februari 1995.
Berkat keahliannya dalam bersenjata sebagai seorang prajurit, bung Karno menjulukinya “Koboi dari Sumbawa”. Beliau meyakini bahwa kegigihan adalah kunci dari sebuah kesuksesan.

Apa sih kontribusi Laksamana Madya TNI. H. L. Manambai Abdulkadir bagi dunia pariwisata Sumbawa?

Oke, Baca ini baik-baik, terlahirnya pariwisata kelas dunia di Pulau Moyo merupakan hasil inisiasi dari Manambai Abdulkadir. Dialah sesosok yang berperan dalam pencetusan wisata Pulau Moyo.
“Atas dasar pengalaman panjangnya yang penuh kesan dan kenangan indah, berpetualang di banyak Taman Safari Berburu, selama bertugas sebagai Duta Besar RI di Tanzania dan negara-negara Afrika Timur, serta bentuk salah satu wujud kepedulian dan perhatiannya pada tanah kelahirannya, Laksamana Madya (AL) H. L. Manambai Abdulkadir, menggagas dan menginisiasi dibangunnya Taman Wisata Alam dan Safari Berburu di Pulau Moyo, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat” (Ranggabarani, 2012).
Selanjutnya.....
Pada 14 Juli 1993, Amanwana Resort dilaunching secara resmi. Ini merupakan resort pertama berkelas Internasional. Resort ini di desain dengan konsep kelas dunia dengan menjaga tetap exklusif.

Kerja kongkrit beliau tak sekedar sampai disitu, Pesona indah Pulau Moyo berhasil mengundang hasrat Tokoh sekaliber Lady Diana Spencer, Pangeran Willem, Adnan Kassogi, Kenzo Takada, Mick Jagger, David Beckham dan Maria Sharapova untuk datang sekedar menikmati Pulau Moyo.

Karya Spektakuler ini menjadi sejarah atas bakti seorang Manambai Abdulkadir terhadap Sumbawa. Beliau pantas menjadi teladan kita dala berbuat dan berkontribusi terhadap bangsa. Inspirasi hidup kita sangatlah pantas untuk mencontoh 'Sang Koboi dari Sumbawa' ini. (wenk)


Penulis: Kharisma Wulan Dhini (wenk)

0 komentar:

Posting Komentar